Tutorial Belajar Pascal Part 2 : Mengenal Sejarah Pascal

 

Awal Lahirnya Bahasa Pemrograman Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1968–1969 dan dipublikasikan tahun 1970. Niklaus Wirth atau lengkapnya Niklaus Emil Wirth adalah seorang dosen, ilmuwan dan peneliti komputer berkebangsaan Swiss. Sebelum membuat Pascal, ia juga banyak mengembangkan bahasa pemrograman lain pada era 1960-an seperti Euler dan Algol W.

Niklaus Wirth pada tahun 1969 
Pencipta Bahasa Pemrograman Pascal
(sumber: wikipedia)

Niklaus Wirth pada tahun 2005  
Pencipta Bahasa Pemrograman Pascal
(sumber: wikipedia)


Nama Pascal dipilih untuk menghormati Blaise Pascal, seorang ilmuwan matematis Prancis yang pada tahun 1642 membuat kalkulator mekanis pertama di dunia. Kalkulator ini menjadi cikal bakal komputer modern.

Niklaus Wirth pada awalnya merancang bahasa Pascal untuk mengajarkan pemrograman kepada mahasiswa di Universitas ETH Z├╝rich di Swiss. Pascal di desain menggunakan structured programming yang kemudian menjadi populer dan banyak digunakan oleh bahasa pemrograman setelahnya. Seiiring perkembangan komputer, bahasa pascal juga digunakan untuk aplikasi komersil.

Sejak dipublikasikan pada 1970, bahasa pemrograman Pascal mulai digunakan oleh berbagai universitas di Eropa dan Amerika. Walaupun demikian, compiler pascal (sejenis program untuk menjalankan perintah-perintah bahasa pascal) masih terbatas untuk kalangan tertentu. Karena saat itu harga komputer masih sangat mahal dan umumnya hanya terdapat di perusahaan atau universitas besar.

Baca Juga ⇉ Perintah - Perintah Umum Dalam Pascal

Pascal merupakan bahasa pemrograman data-oriented. Programmer bisa membuat tipe data sendiri (selain tipe data standar yang disediakan seperti integer, real, char, dan boolean). Walaupun demikian, pascal sangat ketat aturan. Setiap variabel hanya bisa menggunakan tipe data tertentu dan harus dideklarasikan terlebih dahulu.

Tidak seperti bahasa pemrograman lain pada saat itu, bahasa Pascal mirip dengan bahasa inggris sehari-hari, sehingga mudah bagi programmer pemula untuk mulai membuat kode program.

Bahasa Pascal bersaing dengan bahasa pemrograman lain pada era tersebut, seperti Algol, Basic, Fortran dan C.