Tutorial Belajar Pascal Part 3: Cara Menjalankan Program Pascal

        Dalam dunia coding kita mengenal beberapa bahasa pemrograman seperti html,CSS,JS dan sbagainya, Namun biasanya dalam dunia perkuliahan kita diajarkan untuk memahami bahasa pemrograma secara bertahap dimulai dari algoritmanya ( langkah - langkah ) hingga akhirnya kita diajarkan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Dalam awal perkuliahan sebagai kampus biasanya untuk memahami algoritma kita diajarkan terlebih dahulu bahasa pemrograman awal seperti pascal.
Dalam Menjalankan sebuah program pascal dibutuhkan sebuah compiler. Compiler adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain. (source :  Wikipedia ).
program pascal





Berikut adalah cara - cara menjalankan program pascal :




1. Dengan Sebuah aplikasi di komputer / PC

    untuk menjalankan sebuah program pascal di komputer terdapat 2 cara yaitu :

a. aplikasi

  • Free Pascal

Aplikasi Free Pascal bisa didapat secara gratis melalui situs resminya pada alamat http://freepascal.org. Untuk mengunduh aplikasi ini, klik menu Download pada bagian atas situs.

Free Pascal
Free pascal


Di halaman download, kita akan memilih sistem operasi yang digunakan. Pilihan yang ada cukup banyak. Untuk sistem operasi Windows, setidaknya terdapat 2 pilihan:

  •  Intel/i386 -> Windows 32-bit (and a cross-compiler ARM/MIPS/i386-Android)
  •  AMD64/Intel 64/x86_64 -> Windows 64-bit

Jika anda menggunakan sistem 64-bit, mungkin akan memilih pilihan kedua. Namun pilihan ini bukanlah berisi compiler Free Pascal namun sejenis aplikasi tambahan untuk mengkonversi hasil compiler Free Pascal 32-bit ke 64-bit. Singkatnya, pilihan kedua bukanlah yang kita butuhkan.

Yang akan kita pakai adalah link pertama, yakni Intel/i386 -> Windows 32-bit (and a cross-compiler ARM/MIPS/i386-Android). Compiler Free Pascal 32-bit ini berjalan sempurna di sistem 64-bit maupun 32-bit, termasuk Sistem Operasi Windows terbaru, yakni Windows 10. Cari link ini lalu klik. Baca Selengkapnya >>


b. Online

    Selain dengan menggunakan aplikasi, pascal juga dapat di gunakan dengan online compiler, keunggulan compiler ini adalah lebih hemat ruang penyimpanan, ringan, dan tentunya gratis, namun menggunakan compiler online pastinya memerlukan koneksi internet. Inilah beberapa compiler online pascal yang recomended menurut copas coding, antara lain :
    Untuk Menjalankannya caranya cukup mudah, Anda tinggal menuju website ny Online GDB ↗

compiler online
Tampilan Onlinegdb(pascal compiler)

    Selain mudah digunakan untuk pemula onlineGDB juga bisa digunakan untuk compiler bahasa pemrograman lainnya.
Try It online

    Sama seperti onlinegdb, tio juga sangat mudah digunakan,tetapi tampilannya yang classic kurang mudah dipahami untuk awal- awal. jika harus memilih antara tio dan gdb, maka saya anjurkan gdb yang tampilannya lebih modern dan fitur- fitur yang menarik tentunnya.



2. Menggunakan compiler pada SmartPhone

    Selain compiler yang ada di komputer, ternyata pascal juga dapat dijalankan di compiler smartphone kalian loh. 
    Cara menggunakannya, kalian cukup meng-install aplikasi nya langsung.
Untuk Android : klik disini
Untuk IOS        : klik disini

Cara Mengoperasikannya juga cukup mudah hanya dengan menuliskan code codingannya saja, kemudian run





Itulah beberapa cara untuk menjalankan program pascal.
Anda beberapa compiler pascal, tapi saya hanya akan menyarankan anda menggunakan  N-IDE pascal compiler yang android, selain free, N-IDE pascal compiler juga memiliki fitur - fitur yang lengkap dan tampilan yang modern. N-IDE ini sangat recomended karena, sudah pasti sifatnya mudah dioperasikan dengan hanya bermodal smartphone yang sehari - hari kita gunakan dan ukuran aplikasinya pun yang terbilang ringan.