Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman Pascal Bagi Pemula


belajar pascal buat pemula
   

    Bahasa pemrograman merupakan salah satu cara manusia berkomunikasi dengan komputer. Sebelum manusia belajar berbahasa pemrograman, terlebih dahulu harus membiasakan diri dengan sebuah algoritma ( langkah - langkah ).  Pascal merupakan bahasa pemrograman yang cocok untuk dipelajari pertama kali sebelum belajar bahasa pemrograman lain seperti C, C++, C# atau Java.. Pascal memiliki aturan pemrograman terstruktur sehingga cocok digunakan untuk mempelajari algoritma dan pemrograman komputer, terutama untuk pemula. Pascal juga bahasa pemrograman yang digunakan dalam

    Oleh karena itu, Kami ingin menyajikan tutorial belajar bahasa pemrograman pascal yang ditujukan bagi pemula. Dalam halaman ini, kami meng-index seluruh tutorial dan artikel Pascal :


Pengertian dan Sejarah Pascal
Cara Menjalankan Program Pascal
Commands/Perintah dalam Pascal
Pengenalan Tipe Data Pascal
Struktur Program Pascal
Kondisi IF
Pilihan Case OF
Perulangan LOOPING
ARRAY(Larik)


Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal

Untuk tutorial awal belajar pascal, kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman pascal, mulai dari pengertian bahasa pascal, sejarahnya dari awal kemunculan pada tahun 1970 hingga penggunaannya saat ini. 



Cara Menjalankan Program Pascal

Dalam Tutorial ini, akan dibahas bagaimana pascal dapat dijalankan.Dimulai dari pengenalan aplikasi - aplikasi yang dapat menjalankan Bahasa Pascal ( cara menginstallnya hingga cara penggunaannya ), Serta Perintah - Perintah Dasar dalam Pascal.



Tipe Data Pascal

Pada bab ini kita akan membahas mengenai jenis - jenis tipe data pada pascal dan penggunaannya.