Membuat Program kasir Toko Susu dengan Pascal

program kasir bahasa pemrograma pascal

 Hello kalian para sobat Instan yang hanya mencari jawaban dari mesin Pencari...

Bagi kalian yang malas belajar dan hanya mementingkan kertas. Kalian langsung dapat pergi ke halaman akhir disana saya menyediakan coding yang sudah jadi, agar kalian makhluk instan bisa tinggal copas saja :D

Sekarang Kita akan mencoba membuat sebuah program kasir sederhana dengan melibatkan while do, case of dan if..

  Note : " Jangan dijalankan tetapi copas saja codingan tersebut ke compiler pascal lain ( free pascal, turbo pascal, atau compiler pascal android seperti (Pascal N-IDE))" 

contoh soal :

   " Buatlah sebuah program kasir menggunakan bahasa pascal dimana sebuah toko susu memiliki daftar menu Susu SMG dan Susu Bendera dengan kemasan Kardus dan Kaleng. Susu SMG kaleng diberi harga (10rb) dan untuk yang kardus (5rb) .Untuk Susu Bendera kaleng diberi harga (20rb) dan Kardus (15rb).Buat lah agar pelanggan bisa memesan menu lebih dari 1 barang dan dapat berulang kali  !!!"


Pembahasan

Pertama - tama kita harus menentukan sebuah variable dan tipe jenis datanya terlebih dahulu yang akan dimasukkan kedalam program kita ,jika variabelnya panjang maka bisa kita singkat nantinya.
dari soal diatas kita tahu bahwa variabelnya berupa :
1. Susu : integer
2. jumlah beli (jmlh) : integer
3. kemasan :char
4. harga kardus ( krds) : integer
5. harga kaleng (klng) : integer
6. untuk perulangan (i ) : char
7. untuk perulangan (j ) : char

codingan:



Langkah selanjutnya adalah membuat daftar menu toko.

Maka codinganya berubah menjadi



Berikutnya adalah membuat daftar pilihan barang (susu) untuk pembeli/customer kita dengan menggunakan case of.

Panjang y??Itu belum seberapa kawan ...Percayalah!!

Sekarang tinggal kita beritahukan kepada si pascal apa yang harus dia lakukan??jika si pembeli memilih susu smg dan kemasan kardus atau smg kaleng atau pilihan lainnya. Disini Kita Menggunakan Perintah If then bersarang
Coba kalian perhatikan bagian tipe data jmlh,klng,krds dan susu berubah mnjdi longint untuk pengertiannya kalian bisa baca disini >> (pengertian tipe data). Langkah terakhir agar para pembeli data membeli/order berulang kali adalah dengan membungkusnya semua code tersebut dari begin awal dengan while do Taraaaa!!! Selesai Hore :D , Untuk Kalian Yang ingin Mencopy Code Ny silahkan copy code dibawah ini Y !!!